BAHAN AJAR

3 Januari 2017
image_pdfimage_print

Materi Pembelajaran

Sifat Keperiodikan Unsur

Sifat keperiodikan unsur adalah sifat-sifat yang berubah secaraberaturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur.

1. Jari-Jari Atom

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit elektron terluar.

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar.

b. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom semakin kecil.

Penjelasan:

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, kulit atom bertambah (ingatjumlah kulit=nomor periode), sehingga jari-jari atom juga bertambah besar.

b. Dari kiri ke kanan, jumlah kulit tetap tetapi muatan inti (nomor atom)dan jumlah elektron pada kulit bertambah. Hal tersebut mengakibatkangaya tarik-menarik antara inti dengan kulit elektron semakin besarsehingga jari-jari atom makin kecil.

2. Energi Ionisasi

Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan untukmelepaskan elektron dari suatu atom netral dalam wujud gas. Energi yangdiperlukan untuk melepaskan elektron kedua disebut energi ionisasi keduadan seterusnya. Bila tidak ada keterangan khusus maka yang disebut energi

ionisasi adalah energi ionisasi pertama.

Dapat disimpulkan keperiodikan energi ionisasi sebagai berikut.

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah energi ionisasi semakinberkurang.

b. Dalam satu periode dari kiri ke kanan energi ionisasi cenderung bertambah.Kecenderungan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom bertambahsehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kecil. Elektronsemakin mudah dilepas dan energi yang diperlukan untukmelepaskannya makin kecil.

b. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, daya tarik inti terhadap elektronsemakin besar sehingga elektron semakin sukar dilepas. Energi yangdiperlukan untuk melepaskan elektron tentunya semakin besar.

 

3. Afinitas Elektron

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atomnetral dalam wujud gas pada waktu menerima satu elektron sehinggaterbentuk ion negatif.

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah afinitas elektron semakinkecil.

b. Dalam satu periode dari kiri ke kanan afinitas elektron semakin besar.

Penjelasan:

Apabila ion negatif yang terbentuk stabil, energi dibebaskan dinyatakandengan tanda negatif (-). Apabila ion negatif yang terbentuk tidak stabil,energi diperlukan/diserap dinyatakan dengan tanda positif (+).Kecenderungan dalam afinitas elektron lebih bervariasi dibandingkandengan energi ionisasi.

 

4. Keelektronegatifan

Adalah suatu bilangan yang menyatakan kecenderungansuatu unsur menarik elektron dalam

suatu molekul senyawa.

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah keelektronegatifansemakin berkurang.

b. Dalam satu periode dari kiri ke kanan keelektronegatifansemakin bertambah.

Penjelasan:

Tidak ada sifat tertentu yang dapat diukur untukmenetukan/membandingkan keelektronegatifanunsur-unsur.

Energi ionisasi dan afinitas elektron berkaitandengan besarnya daya tarik elektron. Semakin besardaya tarik elektron semakin besar energi ionisasi, jugasemakin besar (semakin negatif) afinitas elektron.Jadi, suatu unsur (misalnya fluor) yang mempunyaienergi ionisasi dan afinitas elektron yang besar akanmempunyai keelektronegatifan yang besar.

Semakin besar keelektronegatifan, unsur cenderung makin mudahmembentuk ion negatif. Semakin kecil keelektronegatifan, unsur cenderung makinsulit membentuk ion negatif, dan cenderung semakin mudah membentuk ionpositif.

 

1+

Satu Komentar

  • Devi Oktafiani 3 Januari 2017pada12:26 pm

    sangat membantu kak

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read previous post:
alkali
VIDEO PRAKTIKUM KEREAKTIFAN ALKALI DAN ALKALI TANAH

Yuk lihat  bagaimana cara melakukan percobaan kereaktifan unsur alkali dan alkali tanah. Bisa diunduh DISINI http://youtube.com/watch?v=SIS4zuFcgIw

Close